DPRD Banten Sepakat 3 Nama Ini Diusulkan Jadi Calon Pj Gubernur

bantenpro.id – DPRD Banten sepakt mengusulkan tiga nama kepada presiden sebagai Penjabat Gubernur Banten. Tiga nama yang akan disampaikan itu telah berdasarkan kesepakatan pimpinan dan fraksi di dewan.

“Jadi kesepakatannya sesuai surat Kemendagri kita menyampaikan tiga nama yang akan jadi pertimbangan presiden dan mengenai keputusannya tentu semua kita kembalikan kepada kewenangan presiden yang kita tahu bahwa Pj Gubernur adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah,” kata Ketua DPRD Banten Andra Soni dalam keterangan pers, Rabu (05/04/2023).

Tiga nama itu disampaikan ke presiden secara alfabetis dan bukan berdasarkan peringkat. Mereka adalah Agus Sudrajat, Al Muktabar, dan Sugeng Haryono.

“Pertama adalah Agus Sudrajat, kedua Al Muktabar, dan ketiga adalah Bapak Sugeng,” ujar Andra.

Agus Sudrajat adalah Eselon I di Lembaga Administrasi Negara. Sedangkan Al Muktabar adalah Sekda Banten yang saat ini masih menjabat Pj Gubernur, dan terakhir Sugeng Haryono adalah Eselon I di BPSDM Kementerian Dalam Negeri.

“Ini berdasarkan CV, menurut kami mempunyai pengalaman di bidang pemerintahan dan melalui proses karir yang panjang,” ujarnya.

Tiga nama itu adalah kesimpulan bersama. Bukan hanya berdasarkan usulan fraksi terbanyak. Setiap unsur pimpinan menyepakati tiga nama tersebut berdasarkan musyawarah mufakat.

“Kami sampaikan bahwa ini musyawarah,” katanya. (bpro)