Sah Diputuskan Jokowi, Ini Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2023

bantenpro.id – Dalam hitungan hari, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 H. Pemerintah pun telah menetapkan jadwal cuti bersama untuk merayakan hari Lebaran tahun ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden No 24/2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2023.

Sesuai keputusan dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu, cuti bersama Hari Raya Idulfitri dimulai pada 19 April 2023.

Ini artinya libur cuti bersama Lebaran tahun 2023 dimajukan 2 hari dari sebelumnya 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023.

Keputusan Jokowi itu kemudian ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan perubahan cuti bersama yang lebih maju diharapkan bisa menekan penumpukan dan mengurai kepadatan arus lalu lintas saat musim libur Lebaran 2023.

Menurutnya, mengacu hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan tahun ini calon pemudik akan mencapai 123 juta orang.

“Ini mengalami kenaikan yang sangat drastis dibanding tahun lalu karena tahun lalu diperkirakan yang mudik sekitar 85 juta,” ujar Muhadjir dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Sabtu (15/04/2023).

Baca Juga :  Kendaraan Dinas Dilarang untuk Mudik Lebaran

Muhadjir telah meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub), TNI, dan Polri melakukan assessment berkala untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat selama musim libur Hari Raya Idulfitri tahun 2023.

“Pelaksanaan operasional di dalam mengendalikan arus mudik diharapkan bisa berjalan dengan baik. Semoga mudik tahun ini merupakan mudik yang menyenangkan dan mengesankan,” ujar Muhadjir. (bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *