PT KAI Berikan Diskon Tiket untuk Lansia hingga Wartawan

bantenpro.id – Menyambut antusiasme penumpang jelang mudik Lebaran 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mulai membuka layanan pemesanan pembelian tiket maksimal H-45 dari jadwal keberangkatan.

PT KAI memberikan berbagai penawaran untuk penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api, seperti diskon atau potongan harga untuk tiket mudik Lebaran 2023.

Adapun diskon tersebut berupa tarif reduksi untuk berbagai kalangan dan instansi, tarif khusus untuk berbagai rute perjalanan kereta api, dan tarif subkelas sebagai bentuk penghargaan keloyalan penumpang kereta api.

“Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” ucap VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip bantenpro.id dari situs resmi KAI pada Minggu (19/03/2023).

Berikut ini penjelasan detail terkait diskon tiket untuk masing-masing tarif yang ditawarkan PT KAI kepada penumpang di mudik Lebaran 2023:

Tarif Reduksi

PT KAI memberikan tarif reduksi dengan diskon sampai dengan 50% yang ditujukan untuk berbagai kalangan. Adapun ketentuan kalangan dan instansinya di antaranya:

1. Lansia

Diskon yang diberikan sebesar 20% untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Lansia yang dimaksud yaitu penumpang yang berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

2. Legiun Veteran RI

  • Diskon yang diberikan sebesar 50% untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa-Kamis, kecuali hari besar/hari libur nasional lainnya.
  • Diskon yang diberikan sebesar 30% untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Jumat-Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya.
Baca Juga :  Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa, Cek Infonya di Sini

3. TNI dan Polri

Diskon yang diberikan sebesar 25% untuk kereta api komersial kelas eksekutif, sedangkan diskon 50% untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Diskon ditujukan untuk anggota TNI/Polri yang aktif, termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri, tetapi tidak termasuk keluarganya dan PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

4. Civitas Akademika

Diskon yang diberikan sebesar 10% untuk dosen dan tenaga pendidik pada kampus yaitu UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta untuk anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

5. Wartawan

Diskon yang diberikan sebesar 20% untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis. Ketentuannya wartawan harus menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

Ketentuan diskon ini hanya berlaku untuk pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access dan dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui loket customer service atau lokasi lainnya.

Penumpang kereta api yang ingin menikmati diskon melalui program tarif khusus ini dapat membeli tiketnya melalui aplikasi KAI Access atau secara go show lewat loket stasiun maksimal 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Rute yang dilayani di antaranya Gambir – Cirebon, Bandung – Tasikmalaya, Bandung – Banjar, Cirebon – Purwokerto, Semarang Tawang/Semarang Poncol – Tegal, Purwokerto – Yogyakarta/Lempuyangan/Solo Balapan, Madiun – Malang, Surabaya Gubeng – Jember, dan lainnya.

Baca Juga :  Boleh Sahur on The Road di Kota Tangerang, Asalkan…
Tarif Subkelas

Alternatif diskon selanjutnya yaitu pada tarif subkelas, yaitu calon penumpang akan melihat kode subkelas pada tiket dan disertai beberapa pilihan tarif.

Perbedaan antar kode hanya untuk tarifnya saja tetapi untuk pelayanan yang diberikan oleh PT KAI tetap sama selama perjalanan.

Tarif subkelas ini berlaku untuk tiket kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Jadi penumpang yang akan mudik Lebaran 2023 ini bisa menyesuaikan budget naik kereta api sesuai dengan subkelas nya masing-masing. (bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *