Jangan Langsung Ngopi saat Bangun Tidur, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

bantenproNews – Banyak orang langsung minum kopi saat bangun tidur. Alasannya agar lebih fokus dan berstamina, padahal waktu terbaik minum kopi selang beberapa jam setelah bangun tidur.

Aroma kopi yang hadir saat pagi hari memang membangkitkan semangat, tapi bukan berarti kamu bisa menikmati kopi langsung usai bangun tidur. Cara seperti ini justru akan membahayakan kesehatan.

Dilansir dari LiveStrong (26/11/2021) para penggemar kopi sebaiknya sedikit bersabar ketika ingin menyeruput segelas kopi hangat di pagi hari. Hindari mengonsumsi secangkir kopi langsung ketika kamu bangun tidur.

Kylene Bogden seorang ahli kesehatan untuk Love Wellness, mengatakan, bagi orang yang tak punya masalah kesehatan saat minum kopi tak ada salahnya minum kopi ketika perut kosong.

“Jika kopi membantu Anda merasa waspada dan fokus tanpa gangguan energi, ini biasanya pertanda baik. Jika Anda merasa cemas, gelisah, kelaparan, depresi, mual, atau sebagainya, maka tandanya Anda perlu mengatur waktu konsumsi kopi yang tepat.”

Untuk mendapatkan manfaat ekstrak dari kopi, bukan hanya jenis dan cara penyeduhan kopi saja yang penting, tetapi juga waktu konsumsinya. Kenali tubuh kamu sebelum memutuskan untuk langsung minum kopi setelah bangun tidur.

Berikut beberapa panduan waktu minum kopi yang tepat:

Minum kopi satu jam setelah bangun tidur

Kopi mengandung kafein dan stimulan yang dapat meningkatkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon dalam tubuh yang berperan untuk membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan mengontrol gula darah.

Baca Juga :  BPJS Jadi Syarat Urus SIM, STNK, Naik Haji, hingga Jual Beli Tanah

Tingkat kortisol dalam tubuh secara alami melonjak dan mencapai puncaknya sekitar 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada Juni 2016, kortisol merangsang metabolisme dan efeknya membuat tubuh merasa lebih berenergi.

Untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, minumlah secangkir kopi sekitar satu jam setelah bangun tidur.

Minum kopi sebelum melakukan aktivitas fisik.

Sebagian besar orang akan minum kopi sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Beberapa orang juga merasakan lonjakan energi ketika minum kopi sebelum berolahraga.

Menurut penelitian pada Desember 2016 di Neuroscience & Biobehavioral, minum kopi sebelum berolahraga dapat membantu mendorong energi, membuat lebih fokus dan mengurangi efek rasa sakit.

Setelah begadang

Ketika harus begadang semalaman karena mengerjakan tugas atau pekerjaan penting, tubuh akan kehilangan energi. Cara terbaik untuk mendongkrak energi adalah dengan minum secangkir kopi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Oktober 2016, para peneliti menilai jumlah kafein yang dibutuhkan orang yang kurang tidur untuk merasa seperti mereka tidur nyenyak. Dengan minum secangkir kopi, kamu bisa merasakan energi yang normal seperti orang yang baru saja tidur pulas.

Porsi kopi yang disarankan

Food & Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kafein per hari, atau sekitar 4 atau 5 cangkir kopi. Tentu setiap orang memiliki batas toleransi yang berbeda.

Baca Juga :  Balita Imunisasi di Posyandu, Pulang Dikasih Obat Kedaluwarsa

Untuk orang yang memiliki intoleransi atau sensitivitas kafein, mungkin bisa mengurangi porsi kopi yang diminum dalam sehari. Disarankan untuk meminum maksimal 2 cangkir kopi dan kemudian minum teh hijau atau matcha.

Terlalu banyak kopi dapat menyebabkan efek negatif seperti kecemasan, insomnia, kortisol tinggi dan kegelisahan.

Minum kopi sambil makan camilan

Hindari mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Atau usahakan untuk minum kopi sambil menyantap camilan. Dengan demikian perut mendapatkan asupan makanan lain selain kopi yang mengandung kafein.

Selain itu, hindari minum kopi saat sore hari. Efek samping kafein bisa membuat kamu sulit tidur.

Kopi membutuhkan waktu yang panjang untuk dicerna. Bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, disarankan tidak minum kopi setelah tengah hari. (bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *