Lebih Penting dari Motif Sambo, Siap-Siap Harga BBM Naik

bantenpro.id – Kasus dugaan pembunuhan berencana yang melibatkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Inspektur Jenderal Ferdy Sambo besar menyita perhatian publik. Pengungkapan motifnya ditunggu-tunggu. Tetapi ada yang lebih penting. Harga bahan bakar minyak (BBM) dikabarkan bakal naik!

Isu kenaikan harga BBM jenis Pertalite dan Solar kini mulai terkuak. Beredar wacana kenaikan harga mulai 1 September 2022, Pertalite menjadi Rp10.000 per liter dan Solar Rp8.500 per liter.

Hal ini diungkap oleh Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi.

Dia mengaku mendapat informasi valid bahwa pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga Pertalite dan Solar.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga Pertalite dan Solar pada 31 Agustus 2022.

“Jokowi terpaksa menaikkan harga BBM per 1 September, dengan memberikan bantalan sosial sebelum harga BBM subsidi dinaikkan,” kata Fahmy dikutip bantenpro.id dari Tribunnews.com, Selasa (30/08/2022).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan subsidi energi termasuk subsidi BBM akan habis pada Oktober 2022.

Diketahui, jumlah subsidi energi tahun ini sebesar Rp502,4 triliun setelah adanya penambahan dari alokasi awal.

Pemerintah juga telah menyiapkan skenario tambahan bantuan sosial (bansos) sebagai imbas dari kebijakan kenaikan harga BBM tersebut. Ada yang sifatnya jangka pendek dan jangka menengah.

Baca Juga :  Organda Umumkan Tarif Angkutan Naik Rp1.000, Sopir Bilang Kurang

Dana sementara yang tertera di anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2022 adalah sebesar Rp18 triliun.

Diketahui, saat ini harga Pertalite Rp7.650 per liter, sementara Solar Rp5.150 per liter.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan harga BBM di Indonesia jauh di bawah keekonomian.

“Kalau menggunakan hitungan dolar AS di Rp 14.700 dan harga minyak 105 dolar AS, harusnya harga Solar Rp13.950 per liter,” ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jumat (26/08/2022).

Sementara harga Pertalite yang sekarang Rp7.650/liter harusnya Rp14.450/liter, jika menyesuaikan hitungan minyak dunia 105 dolar AS dan kurs Rp14.700 per dolar AS.

Berdasarkan keterangan yang dikemukaan oleh Sri Mulyani, ada kemungkinan besar kenaikan harga Pertalite dan Solar menjadi sebesar jumlah yang ia sebutkan.

Kendati demikian, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait kenaikan harga BBM jenis Pertalite dan Solar. (bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *