Demo Tuntut Copot Menteri Agama, PA 212 Siapkan Aksi di Setiap Kanwil Kemenag

bantenproNews – Pelaksana Tugas Wakil Ketua Umum Persatuan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menyatakan pihaknya akan menggelar aksi demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam menuntut pencopotan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Jakarta pada Jumat (04/03/2022) siang ini.

PA 212 juga menyatakan aksi serupa akan digelar di setiap Kantor Wilayah Kemenag di seluruh Indonesia. Novel menjelaskan aksi unjuk rasa tersebut merespons pernyataan Yaqut sebelumnya yang dinilai telah menganalogikan suara azan masjid dengan suara gonggongan anjing

“Hari ini insya Allah jadi. Setelah bada Jumat semua bisa merapat langsung ke Kementerian Agama,” ujarnya dikutip bantenpro.id dari CNN Indonesia, Jumat (04/03/2022).

Kendati demikian, Novel mengaku tidak mengetahui secara pasti estimasi massa aksi yang akan hadir pada unjuk rasa hari ini lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Hanya saja, kata dia, aksi tersebut tidak hanya terbatas di Jakarta saja. Melainkan akan digelar aksi serupa di Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia.

“Aksi ini aksi serempak. Karena memang dari PA 212 mengimbau agar di daerah manapun agar menggelar aksi,” tuturnya

Novel juga mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan aksi lanjutan sampai tuntutan utama demonstrasi hari ini, yakni pencopotan Yaqut dari jabatannya sebagai menteri berhasil terpenuhi.

“Kami sedang mempersiapkan aksi bela islam lawan penista agama berjilid-jilid sampai Yaqut dipenjara atau dicopot,” kata dia.

Baca Juga :  Pasukan K9 Bakal Dikerahkan Sekat Demo Mahasiswa 11 April

Untuk diketahui, Yaqut juga telah dilaporkan beberapa pihak ke kepolisian terkait pernyataan gonggongan anjing saat menjelaskan aturan sepiker masjid dan musala untuk azan dan kegiatan lainnya.

Yaqut diketahui menyatakan hal tersebut usai menghadiri pertemuan dengan tokoh agama, di Balai Serindit, Kediaman Gubernur Riau, Rabu (23/02/2022) lalu.

Namun, Kemenag sudah mengklarifikasi bahwa Yaqut sama sekali tak membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing dalam pernyataannya tersebut. (bpro)