Madura United vs Persita: Pendekar Cisadane Menang Dramatis 2-1

bantenproNews – Persita Tangerang menang 2-1 dari Madura United dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2021 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (06/11/2021) sore.

Gol Persita Tangerang dicetak oleh Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-47 dan Herwin Tri Saputra pada menit ke-89. Sementara gol Madura United dicetak oleh Rafael Silva ketika laga baru berjalan lima menit.

Kemenangan tim asuhan Widodo C. Putro tersebut sangat dramatis karena gol penentu tiga poin tercipta pada masa injury time babak kedua. Madura United asuhan Rahmad Darmawan sebenarnya berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Rafael Silva pada menit keempat.

Kemenangan atas Madura United membuat Persita Tangerang naik satu tingkat ke urutan ke-8 klasemen Liga 1 2021-2022 dengan raihan 16 poin. Pendekar Cisadane, julukan Persita, sukses menggusur Persija Jakarta yang harus turun ke peringkat sembilan.

Pada babak pertama, Persita asuhan Widodo C. Putro mencatatkan persentase penguasaan bola mencapai 60 persen. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat Persita gagal mencetak gol penyeimbang pada babak pertama.

Dari total lima percobaan tembakan ke arah gawang yang dilepaskan pemain Persita, hanya ada satu yang tepat sasaran. Di sisi lain, Madura United besutan Rahamd Darmawan tampil lebih efektif karena berhasil mencetak satu gol dari hanya dua tembakan tepat sasaran.

Madura United berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol cepat Rafael Silva pada menit keempat. Gol pembuka Madura United berawal dari umpan sepak pojok Bayu Gatra yang dibelokkan oleh Fachruddin dengan sundulan.

Baca Juga :  Pemkot Tangerang Siapkan Stadion Baru, Tangerang Ayo Namanya

Fachruddin sukses menciptakan situasi berbahaya karena sundulannya mengarah ke mulut gawang Persita Tangerang yang dikawal oleh Dhika Bayangkara. Umpan Fachruddin itu kemudian dibelokkan oleh Rafael Silva masuk ke gawang juga dengan sundulan.

Setelah unggul 1-0, Madura United nyaris terkurung dan hanya bisa mengandalkan serangan balik. Meski demikian, Madura United sukses mempertahankan keunggulan tersebut hingga akhir babak pertama.

Berlanjut ke babak kedua, Rahmad Darmawan masih mempertahankan komposisi pemainnya. Di sisi lain, Widodo C. Putro langsung melakukan tiga pergantian dengan menarik keluar Waskito Chandrra, Taufiq Febriyanto, dan Aldi Al Achya. Tiga pemain itu digantikan oleh Ahmad Nur Hardianto, Ade Jantra Lukmana, dan Andre Agustiar Prakoso.

Keputusan Widodo C. Putro memasukkan Ahmad Nur Hardianto langsung berbuah hasil pada menit ke-48. Ahmad Nur Hardianto sukses mencetak gol untuk membuat Persita menyamakan kedudukan 1-1.

Menerima umpan terobosan Irsyad Maulana, Ahmad Nur Hardianto yang membuka ruang di sisi kanan wilayah pertahanan Madura Unite berhasil lolos dari jebakan offside. Ahmad Nur Hardianto kemudian langsung berhadapan dengan kiper Madura Untied, M. Ridho, setelah Jaimerson Xavier gagal melakukan sapuan.

Mendapatkan ruang tembak yang lebar, Ahmad Nur Hardianto sukses menaklukkan M. Ridho dengan tendangan setengah cungkil.

Tepat pada menit ke-51, Sansan Fauzi nyaris membawa Madura United kembali unggul andai dirinya lebih tenang menyelesaikan umpan silang Hugo Gomes di depan gawang Persita. Sansan Fauzi terlihat sangat menyesal karena sundulannya memantul dan jatuh tepat di pelukan Dhika Bhayangkara.

Baca Juga :  Jawara Silat Bupati Cup Hadiahnya Rp45 Ribu, Menyusul Ramai di Media Sosial

Pada menit ke-62, Jaimerson Xavier mencoba membayar kesalahannya dengan melepaskan tendangan bebas langsung. Namun, usaha Jaimerson kali ini tidak berbuah gol setelah tembakannya sedikit melambung di atas mistar.

Pada menit ke-65, Rahmad Darmawan melakukan penyegaran dengan menarik keluar Sansan Fauzi dan Moch. Kevy. Kedua pemain itu digantikan oleh Alfin Tuasalamony dan Ronaldo Kwateh. Perubahan kali ini tidak mengubah formasi Madura United, yakni 4-1-4-1.

Hingga menit ke-70, Madura United yang terus menggempur pertahanan Persita masih belum berhasil mencetak gol kedua. Di sisi lain, Persita yang terpaksa mengandalkan serangan balik juga belum mendapatkan peluang emas.

Pada menit ke-82, Slamet Nur Cahyo yang baru masuk nyaris membawa Madura United kembali unggul andai tendangan kaki kanannya tidak melebar. Empat menit berselang, giliran Ronaldo Kwateh yang mengancam gawang Persita lewat tembakan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Beruntung bagi Persita karena tembakan Ronaldo Kwateh masih melebar di sisi kiri gawang Dhika Bayangkara. Tepat pada menit ke-90, Persita Tangerang berhasil mengejutkan Madura United. Persita sukses berbalik unggul 2-1 berkat gol Herwin Tri. Menerima umpan sepak pojok Harrison Cardoso, Herwin Tri sukses merobek jala gawang Madura United dengan sundulan. Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Persita bertahan hingga akhir laga. (bpro)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *