Jumlah Petugas TPS di Banten yang Meninggal Bertambah

bantenpro.id – Kasus meninggalnya petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Banten semakin meningkat. Pada Rabu (21/02/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat peningkatan menjadi 12 orang petugas yang gugur, setelah pagi tadi tercatat 11 orang.

Kenaikan angka kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ini dikonfirmasi oleh Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi Banten Ali Zaenal Abidin. Kabar duka tersebut berasal dari Kota Serang.

“Pada sekitar pukul 12 siang tadi di Kota Serang, tercatat satu petugas yang meninggal dunia,” ungkap Zaenal kepada bantenpro.id pada hari Rabu (21/02/2024).

Dari 12 petugas yang meninggal, rinciannya antara lain 6 orang di Kabupaten Tangerang, 2 orang di Kabupaten Serang, serta masing-masing satu orang di Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Cilegon, dan Kota Serang.

Sebelumnya, pada Rabu pagi, Ali Zaenal Abidin telah menginformasikan adanya 11 petugas TPS yang meninggal dunia selama kurun 14 Februari hingga 21 Februari 2024. Kondisi ini memunculkan keprihatinan di tengah masyarakat.

Ali menjelaskan penyebab utama kematian petugas adalah kelelahan akibat tugas di TPS. Beberapa di antaranya bahkan harus menjalani perawatan di rumah sakit sejak 14 Februari dan akhirnya meninggal dunia. (mst)