Santunan Rp36 Juta bagi Keluarga 11 Petugas TPS yang Meninggal Dunia

bantenpro.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyatakan kesiapannya memberikan dukungan finansial kepada keluarga 11 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia. Komisioner KPU Provinsi Banten Ali Zaenal Abidin mengungkapkan, keluarga anggota KPPS akan menerima santunan sebesar Rp36 juta.

“Setiap yang meninggal mendapatkan santunan sebesar 36 juta rupiah,” ujar Ali Zaenal Abidin kepada bantenpro.id pada Rabu (21/02/2024).

Selain santunan tersebut, Ali menyampaikan bahwa KPU Provinsi Banten juga memberikan bantuan keuangan senilai Rp10 juta untuk membantu proses pemakaman jenazah. Tindakan ini diambil sebagai bentuk penghargaan dan dukungan moral kepada para petugas yang gugur dalam tugas mereka untuk menjaga kelancaran hajat demokrasi.

“Bantuan pemakaman tambahan sebesar 10 juta rupiah juga disalurkan,” tambah Ali.

Santunan dan bantuan keuangan itu diberikan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan oleh para pahlawan demokrasi ini. Informasi lebih lanjut terkait proses penyaluran santunan dan bantuan pemakaman dapat diakses melalui situs resmi KPU Provinsi Banten.

Diketahui, ada 11 petugas TPS yang meninggal dunia dalam kurun 14 Februari sampai 21 Februari 2024 selama Pemilu 2024 di Banten. Penyebab meninggalnya petugas KPPS disebabkan kelelahan, serangan jantung, dan kesulitan bernapas.

Ada pun rincian jumlah petugas KPPS meninggal dunia di Banten antara lain 6 orang di Kabupaten Tangerang, 2 orang di Kabupaten Serang, dan Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon masing-masing satu orang meninggal.

Baca Juga :  Tunjuk Langsung Tanpa Seleksi, Ini Nama-Nama Timsel Calon Anggota KPU Banten

Tiga wilayah lainnya seperti di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kota Serang, belum terkonfirmasi adanya petugas KPPS yang meninggal dunia. (mst)