Petahana NasDem Prioritas Nomor Urut 1, Kecuali Anggiat Sitohang

bantenpro.id – Partai Nasional Demokrat (NasDem) memberikan posisi istimewa incumbent dalam penentuan nomor urut bakal calon legislatif (bacaleg). Mereka diberi nomor urut satu.

Partai NasDem Kota Tangerang mendaftarkan 50 nama bacaleg mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang pada hari Kamis (11/05/2023). Dari 50 bacaleg tersebut, tiga di antaranya merupakan petahana.

Ketua DPC NasDem Kota Tangerang Suratmin menyatakan ada tiga petahana diajukan dalam daftar bacaleg yang akan bertarung dalam pemilihan legislatif 2024. Ketiga petahana tersebut adalah Anggiat Sitohang, Jusman Said, dan Prawoto.

Suratmin mengungkapkan para petahana tersebut mendapatkan prioritas dalam penempatan nomor urut daftar bacaleg NasDem.

“Sesuai dengan instruksi DPP, petahana harus ditempatkan di nomor urut satu,” ungkap Suratmin kepada bantenpro.id di kantor KPU.

Meskipun demikian, Suratmin juga mengungkapkan adanya perubahan dalam penempatan nomor urut di daerah pemilihan (dapil) 5 Kota Tangerang. Hal ini disebabkan oleh pencalonan dirinya sendiri selaku ketua DPC sebagai anggota legislatif NasDem dengan dapil Cibodas, Jatiuwung, dan Periuk.

Akibatnya, petahana Anggiat Sitohang harus bergeser dari posisi teratas dalam daftar bacaleg dapil 5.

“Kecuali Anggiat karena satu dapil dengan saya, maka Anggiat akan berada di nomor dua,” jelas Suratmin.

Suratmin mengungkapkan bahwa 34 persen dari daftar bacaleg yang diajukan oleh NasDem adalah perempuan. Dari 50 bacaleg yang diusung, usia termuda adalah 23 tahun, sementara yang tertua berusia sekitar 60 tahun.

Baca Juga :  Tanggapi DCS Partai Golkar, Caleg Adukan Caleg

NasDem menargetkan dari 50 bacaleg tersebut, tujuh di antaranya harus berhasil memperoleh kursi di parlemen Kota Tangerang dan mewakili lima daerah pemilihan.

“Kami berharap apa yang kami lakukan ini akan bermanfaat dan membawa perubahan yang lebih baik untuk Kota Tangerang,” katanya. (mst)