Baru 3 Menit Dibuka, Kuota 28 Bus Mudik Gratis dari Pemkab Tangerang Habis

bantenpro.id – Pemerintah Kabupaten Tangerang menyediakan 1.450 kursi dengan 28 bus untuk mudik gratis Idul Fitri 2023 ini. Namun baru saja dibuka, kuota tempat duduk langsung habis diserbu pendaftar.

Pendaftaran mudik gratis langsung ditutup setelah 3 menit dibuka, Kamis (23/03/2023) pukul 08.00 WIB. Sejumlah pengguna media sosial langsung menyerbu akun Instagram Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang @dishubkabtang.

Ada pengguna media sosial yang kecewa. Ada juga yang bilang ini nggak masuk akal. Diduga karena banyaknya yang bertanya, kolom komentar akun Instagram @dishubkabtang pun langsung dibatasi dan ditutup.

“Dalam 3 menit ludes wkwkwk,” tulis akun @wiga.alif.

Pengguna Instagram lainnya @isetiawan176 menyatakan kecewa dan menganggap pendaftaran mudik gratis ini tidak masuk akal. Sebab, pendaftar akan membutuhkan waktu untuk mengetik dan mengisi formulir yang bisa saja memakan waktu lebih dari 3 menit.

“Yang bener aja min gk masuk akal kita kan butuh waktu ngetik baru 3 menit milih kuota tujuan udah habis udah dibela2in cuti..kecewa,” tulis akun@isetiawan176.

Ada juga yang mengatakan agar Pemerintah Kabupaten Tangerang lebih baik tidak usah mengadakan program mudik gratis daripada membuat masyarakat kecewa.

“Mending gausa bikin ginian dah woi drpd bikin orang penasaran dan berharap doang, gk kasian apa! baru 3 menit udah abis aja tuh tiket,” tulis akun @mhmdfrhaan.

Baca Juga :  Baznas Kabupaten Tangerang Targetkan Rp3 Miliar Zakat Fitrah

Tak cuma itu, bahkan ada pengguna Instagram yang menyebut ada permainan dari pendaftaran mudik gratis ini.

“Parah emang malah gak sampai 3 menit udah habis. Permainan orang dalam ini mah,” tulis @anggasupriadi201284

bantenpro.id pun sempat mencoba melakukan pendaftaran mudik gratis melalui tautan Google Form yang disediakan pukul 08.03 WIB. Benar saja, tampilan pada Google Form tersebut tertulis ‘Maaf Kuota Sudah Habis”.

Admin @dishubkabtang sempat membalas beberapa komentar dari pengguna Instagram tersebut. Admin mengatakan bahwa ada gangguan sistem dan meminta calon pendaftar untuk mencoba lagi melakukan pendaftaran.

Pengamatan bantenpro.id, formulir pendaftaran mudik gratis melalui online itu memang dibuka kembali sekitar pukul 08.45 WIB. Tetapi sekitar 5 menit kemudian, formulir kembali ditutup dengan keterangan kuota sudah habis.

Tahun ini, 1.450 kursi gratis mudik disediakan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk 12 kabupaten dan kota tujuan di Pulau Jawa.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang Agus Suryana seperti dikutip dari Antara sebelumnya mengatakan mudik gratis diadakan sebagai bentuk pelayanan transportasi Lebaran dengan memprioritaskan warga Kabupaten Tangerang untuk pulang kampung halaman.

Menurutnya, 1.450 penumpang akan diangkut dengan 28 bus. Mereka akan diantar ke Pangandaran, Cirebon, Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo, dan Wonosobo. Kemudian, Madiun, Malang, Surabaya, dan Banyuwangi. Terakhir ke beberapa daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program terbuka bagi warga Kabupaten Tangerang dengan bukti KTP. Selain itu, warga dengan KTP daerah lain juga diperbolehkan ikut selama memiliki domisili atau bekerja di wilayah Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :  Jokowi Minta Pemudik Tunda Balik, Berlaku Juga untuk ASN dan TNI-Polri

Pendaftaran mudik gratis dibuka 23–29 Maret. Pendaftaran akan ditutup bila kuota sudah habis, meski belum tanggal 29 Maret. Selanjutnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang akan melakukan verifikasi. Jadwal keberangkatan bus mudik gratis Senin, 17 April 2023.

“Program hanya mengakomodasi perjalanan mudik, tidak untuk arus balik,” ujar Agus. (bpro)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *