Baru Sehari, Kuota Mudik Gratis Sudah Habis

bantenpro.id – Kementerian Perhubungan sudah membuka pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023 menggunakan bus sejak Senin (13/03/2023). Pendaftaran mudik gratis ini dilakukan melalui aplikasi MitraDarat Kementerian Perhubungan.

Baru sehari dibuka, kuota mudik gratis ini sudah habis. Sejak tadi pagi, sudah tidak lagi tersedia tiket mudik gratis untuk keberangkatan dari Terminal Poris Plawad, Terminal Pondok Cabe maupun titik keberangkatan di Jakarta.

Jadwal keberangkatan pemudik dilakukan pada 18-19 April 2023. Untuk keberangkatan 18 April 2023 pemudik diberangkatkan dari Terminal Jati Jajar Depok, Terminal Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan dan Terminal Pulo Gebang Jakarta.

Sedangkan untuk keberangkatan 19 April 2023, pemudik diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta dan Terminal Poris Plawad Kota Tangerang.

Dikutip dari laman Instagram @kemenhub151, pendaftaran mudik gratis dengan kendaraan bus ini dibuka Senin (13/03/2023) pukul 14.00 WIB dan masyarakat yang ingin ikut program mudik gratis tersebut harus mengunduh dan update aplikasinya ke versi 1.0.4 (Android) dan 1.02 (iOS).

bantenpro.id telah mencoba memesan tiket mudik gratis Kemenhub lewat aplikasi MitraDarat siang ini, Selasa (14/03/2023), dengan memasukkan kota asal keberangkatan Terminal Poris Plawad dan memilih kota tujuan Yogyakarta. Sayangnya, tiket mudik gratis yang tertera untuk keberangkatan 19 April 2023 pukul 07.00 WIB tersebut ludes alias habis.

Baca Juga :  Masyarakat Bisa Pantau CCTV Jalan Tol via Aplikasi Travoy Jasa Marga

bantenpro.id juga mencoba memilih kota tujuan lainnya, yakni Semarang, tetapi status di aplikasi juga sama, yaitu ‘Tiket Mudik Habis’.

Adapun, berdasarkan keterangan Kemenhub, pendaftaran mudik gratis ini berlangsung hingga 14 April 2023 lewat aplikasi MitraDarat. Namun, memang pendaftarannya bisa ditutup lebih awal jika kuota telah terpenuhi.

Kemenhub sendiri menyediakan kuota sebanyak 24.072 penumpang pada program mudik gratis tahun ini dengan 28 kota tujuan.

“Kami membuka kuota 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam Konferensi Pers Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023, Senin (13/03/2023).

Kemenhub juga menyiapkan armada bus sebanyak 585 unit, dengan 459 bus digunakan untuk arus mudik dan 126 lainnya untuk arus balik. Kemudian, Kemenhub juga menyiapkan 30 unit truk yang dapat mengangkut sebanyak total 900 sepeda motor.

Dia mengatakan, 15 unit truk masing-masing dialokasikan untuk arus mudik dan balik yang dapat mengangkut 450 sepeda motor. Sebanyak 28 kota menjadi tujuan mudik gratis pada 2023.

Hendro memaparkan, untuk wilayah Jawa Barat ada Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian, untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki kota tujuan Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Baca Juga :  Jokowi Minta Pemudik Tunda Balik, Berlaku Juga untuk ASN dan TNI-Polri

Selanjutnya, untuk wilayah daerah Jawa Timur program mudik gratis memiliki kota tujuan Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung. Adapun, tujuan Sumatra ada Lampung dan Palembang.

Sementara itu, untuk arus balik Kemenhub membuka 8 kota asal yang seluruhnya menuju Jakarta, yakni Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Wonogiri. (bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *