2 Pemda di Banten Dapat Penghargaan Kinerja, Syafrudin dan Sachrudin Terima Piagam dari Mendagri

bantenpro.id – Sebanyak 23 pemerintah daerah (pemda) di Indonesia mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan diberikan karena dinilai berprestasi meraih kinerja terbaik secara nasional.

Dua pemerintah daerah yang mendapat penghargaan di antaranya berasal dari Provinsi Banten; Kota Serang dan Kota Tangerang.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rangka Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke 27 yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (29/04/2023).

Piagam penghargaan untuk Kota Serang diserahkan Mendagri dan diterima Wali Kota Serang Syafrudin. Sementara untuk Kota Tangerang diterima Wakil Wali Kota Sachrudin.

Kementerian Dalam Negeri menetapkan Kota Serang menjadi daerah dengan kinerja terbaik nomor 7 nasional. Sedangkan Kota Tangerang berada di nomor 8. Capaian yang diraih dua pemerintah daerah tersebut merupakan penilaian dari berbagai aspek meliputi manajemen pemerintahan daerah.

Di antaranya, progres capaian program kerja, pembangunan, inovasi daerah, administrasi pemerintahan dan hubungan antarlembaga yang telah dilakukan dengan baik oleh pemerintah daerah.

Selain itu, membangun sistem manajemen kolaboratif yang dilakukan kepala daerah dengan mengajak stakeholder untuk ikut berkontribusi membangun daerah menjadi penilaian positif dari pemerintah pusat.

Pemerintah daerah yang aktif menjalin komunikasi dengan kementerian/lembaga dengan tujuan memajukan daerah menjadi poin dalam penilaian kinerja pemerintah daerah. Selain itu, keberhasilan dalam menggerakkan roda birokrasi dengan tujuan mempercepat tercapainya sasaran serta membangun sistem birokrasi efektif dan progresif menjadi indikator utama meningkatnya kinerja pemerintah daerah dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga :  Pemilihan Humas Terbaik 2021, Pemenangnya adalah Kemenkes

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan Pemerintah Kota Serang akan terus berkomitmen dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang selaras dengan aturan dan kebutuhan masyarakat Kota Serang.

Sementara Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan capaian ini merupakan hasil kinerja seluruh elemen di lingkup Pemkot Tangerang serta dukungan dari seluruh masyarakat.

“Harapannya, penghargaan ini semakin memotivasi dan meningkatkan kinerja para ASN dan seluruh unsur di Pemkot Tangerang dalam segala aspek,” kata Sachrudin.

Sementara itu, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Decky Priambodo menambahkan, penghargaan itu diberikan atas hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, dalam rangka penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Kota Tangerang masuk 10 besar kota terbaik yang mendapatkan Otda Award, dengan skor 3,325,” jelas Decky.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan ucapan selamat dan memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan sebagai penyelenggara pemerintahan terbaik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada penerima penghargaan. Mudah-mudahan akan memotivasi semangat kita untuk terus dapat melaksanakan tugas sesuai sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada,” ungkap Tito.

Sementara, bagi pemerintah daerah yang belum berhasil memperoleh penghargaan, Tito berharap peringatan hari otonomi daerah ini bisa dijadikan momentum untuk introspeksi dan kontemplasi untuk bekerja lebih baik dan berprestasi, serta mampu mandiri secara fiskal.

Baca Juga :  Award Peduli Satpol PP untuk Arief Wismansyah, Penghargaan Karya Bhakti Diraih Satpol PP Tangsel

“Karena ujung dari otonomi daerah adalah kemandirian fiskal yang ditandai dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang lebih banyak dari transfer pusat. Daerah bisa membiayai diri sendiri tanpa harus bergantung dengan pemerintah pusat,” jelas Tito.

Adapun 10 pemerintah kota penerimaan penghargaan penyelenggaraan pemerintahan terbaik yakni:

  1. Semarang
  2. Surabaya
  3. Surakarta
  4. Bogor
  5. Denpasar
  6. Makassar
  7. Serang
  8. Tangerang
  9. Medan
  10. Pare-Pare.

Sementara 10 pemerintah kabupaten penerimaan penghargaan terbaik yakni:

  1. Banyuwangi
  2. Sumedang
  3. Badung
  4. Karanganyar
  5. Sidoarjo
  6. Kulonprogo
  7. Wonogiri
  8. Hulu Sungai Selatan
  9. Konawe
  10. Bojonegoro.

Kemudian 3 provinsi penerimaan penghargaan yakni:

  1. Jawa Tengah
  2. DIY Yogyakarta
  3. Jawa Timur.

(bpro)