oleh

Menkumham Yasonna Copot 12 Pejabat Usai Napi Lapas Tangerang Kabur

bantenproNews – Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Andap Budhi Revianto mengungkapkan ada 10 pejabat di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Banten yang dimutasi.

Namun, ia tidak menyebut secara detail siapa saja yang terkena mutasi. Hal itu disampaikan Andap ketika menjawab pertanyaan perihal mutasi karena peristiwa kaburnya narapidana kasus narkotika bernama Adam Bin Musa dari Lapas Klas IA Tangerang.

Sebelumnya diketahui Kepala Kantor Wilayah  Kemenkumham Banten Agus Toyib dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Banten Nirhono Jatmokoadi dicopot dari jabatannya masing-masing. Sehingga secara keseluruhan setidaknya ada 12 pejabat yang dimutasi pascakasus kabur napi narkoba dari Lapas Klas IA Tangerang itu.

Terkait perkara itu pun, Nirhono sebelumnya adalah Pelaksana Harian Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Tangerang

“Di jajaran lapas seluruhnya 10 yang kita mutasikan dalam rangka penyegaran, dalam rangka evaluasi, di dalam rangka juga kita pendalaman dengan tetap menjunjung asas praduga tak bersalah, tentu kita melakukan langkah-langkah sebagai komitmen kementerian ini, komitmen Bapak Menteri (Yasonna H Laoly),” ujar Andap di kantor Kemenkumham, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (16/12/2021).

Untuk rotasi dan pengangkatan jabatan di lingkungan lapas itu termuat dalam Kepmenkumham Sek.45.KP.03.03 Tahun 2021 yang diteken Andap atas nama Menkumham Yasonna H Laoly pada 14 Desember 2021.

Jumlah pejabat yang diangkat atau rotasi sebanyak 10 orang, terdiri dari atas 2 personel eselon 3B, 7 personel eselon 4b, dan 1 personel eselon 5.

Baca Juga :  Napi Kabur dari Lapas itu Warga Cadas, Sempat Pulang sebelum Lari ke Sumatera

Terkait napi kasus narkotika yang kabur dari Lapas Klas IA Tangerang, Adam bin Musa sejak 8 Desember lalu, Andap mengatakan jajaran Kemenkumham menggandeng aparat kepolisian untuk memburunya.

Pengejaran pun sudah dilakukan ke sejumlah tempat yang diduga menjadi tujuan narapidana tersebut melarikan diri, seperti Riau.

“Lain-lain yang terkait dengan apabila terjadi hal-hal merupakan domain teman-teman Inspektorat yang saat ini turun mendalami, ya, keterkaitan apakah ada persekongkolan jahat, ranahnya teman-teman dari Polri dalam hal ini ada kaitannya yang ditangani Polda Riau,” ungkap Andap.

Posisi yang ditinggalkan Agus Toyib kini diisi Tejo Harwanto. Sebelumnya Tejo adalah Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Selatan. Sementara Nirhono Jatmokoadi digantikan Masjuno, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Papua Barat.

Adapun posisi Kepala Lapas Klas IA Tangerang yang sebelumnya kosong diisi Asep Sutandar. Asep sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Klas I Madiun. Sebelum di Madiun, Asep menjabat Kepala Lapas Sukamiskin Bandung.

Beberapa pejabat yang diganti untuk sementara ditempatkan di Ditjen Pemasyarakatan. (bpro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.