oleh

Ganjil Genap di Jalur Wisata Anyer, Puluhan Bus Diputar Balik

bantenproNews – Polisi melakukan uji coba sistem ganjil genap di jalur wisata Anyer. Puluhan bus diputar balik di perismpangan Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Puluhan bus diputar balik oleh anggota Polres Cilegon lantaran tak berpelat ganjil pada hari pelaksanaan uji coba ganjil genap. Mereka terpaksa diputar balik. Bus-bus itu tampak parkir di pinggir jalan mengarah ke Cilegon.

Uji coba ganjil genap mulai diberlakukan sejak Sabtu (11/12/2021) hingga hari ini (12/12/2021). Polisi bakal menerapkan ganjil genap di jalur wisata Anyer-Cinangka mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

” Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan uji coba pemberlakuan ganjil genap untuk merekayasa lalu lintas yang tujuannya adalah sesuai dengan Inmendagri No 66. Nantinya, di tanggal 24 Desember hingga 2 Januari berlaku tempat wisata itu 75 persen kapasitasnya. Kemudian diberlakukan ganjil genap,” kata Kepala Polres Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi Sigit Haryono kepada wartawan.

Sigit mengatakan, selain penerapan one way yang selama ini diberlakukan di jalur wisata tersebut, pemberlakuan ganjil genap merupakan rekayasa lalu lintas pertama kali yang diterapkan bagi wisatawan yang akan berlibur ke Anyer.

“Perlunya kami uji coba adalah dikarenakan Cilegon mempunyai wilayah wisata Anyer dan Cinangka, makanya kami sudah beberapa kali melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas berupa pemberlakuan one way maupun penyekatan apabila tempat wisata tersebut sudah penuh,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkot Tangerang Tes Acak Covid-19 Selama Libur Akhir Tahun

Setelah masa uji coba ganjil genap, Sigit menegaskan polisi tidak akan menoleransi wisatawan yang tidak mematuhi aturan. Pengecualian hanya berlaku bagi warga sekitar Anyer-Cinangka maupun Cilegon. Selain itu, mereka yang berkepentingan khusus juga mendapat kompensasi.

“Jadi kalau komplain, pasti ada komplain dari masyarakat, tetapi dengan adanya kegiatan-kegiatan berupa sosialisasi dan uji coba ini, kami harapkan masyarakat mengerti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Cilegon Hendra Pradipta mengatakan petugas Dishub akan membantu kepolisian dalam pelaksanaan ganjil genap di wilayah Cilegon.

“Yang pasti kita bantu Polri dalam melaksanakan kegiatan pemberlakuan ganjil genap, kita terjunkan tim untuk mem-backup Polri,” ujarnya. (bpro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.