oleh

Petugas Disnaker Datangi Lokasi Kebakaran, Cari Tahu Nasib Karyawan

Tangerang – Petugas Dinas Ketenagakerjaan mendatangi lokasi kebakaran gudang di kawasan Laksana Business Park, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Petugas datang untuk mengetahui lebih jelas tentang nasib karyawan gudang korek gas tersebut.

Kepala Seksi Pengendalian Ketenagakerjaan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang Hudni mengatakan, pihaknya kesulitan ketika ingin berkoordinasi dengan manajemen gudang PT Unggul Jaya.

“Kami ingin mengetahui apakah pekerjanya diistirahatkan atau dipekerjakan kembali. Nasib pekerjanya mau seperti apa?” kata Hudni saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (04/11/2021).

Hudni menyatakan, pihaknya sempat berupaya untuk menemui pihak manajemen perusahaan tersebut. Namun kunjungan itu sia-sia, sebab pihak manajemen tidak ada di lokasi pascakebakaran kemarin.

“Waktu saya ke sana, belum bisa menemui pihak manajemennya. Alasannya karena enggak ada di tempat,” jelasnya.

Hudni berujar, pihak perusahaan tetap harus bertanggung jawab terhadap hak-hak karyawannya.

“Harapannya bisa dipekerjakan kembali, kalaupun tidak bisa dipekerjakan kembali, bagaimana dengan hak-hak pekerjanya. Jangan sampai pekerjanya kehilangan hak-haknya,” ujarnya.

Gudang korek gas di kawasan Pergudangan Laksana Business Park, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, itu terbakar pada Selasa (02/11/2021). Kebakaran terjadi sejak pukul 15.40 WIB.

Api berkobar tinggi disertai asap hitam membubung. Kebakaran itu berlangsung selama 19 jam. Petugas kesulitan memadamkan api karena di lokasi minim sumber air. Selain itu banyaknya material mudah terbakar dalam pabrik juga membuat api sulit dipadamkan.

Baca Juga :  5 Karyawan Diperiksa, Api Muncul saat Penyortiran Korek Api

“Kami sudah gunakan tipol atau busa untuk proses mempercepat pemadaman dan pendinginan, agar api tidak menjalar,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir.

Kepala Polsek Pakuhaji Ajun Komisaris Polisi Dodi Abdulrohman memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran gudang korek tersebut. Sebab saat api muncul seluruh pekerja langsung dievakuasi ke luar ruangan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka karena saat ada percikan, seluruh karyawan langsung dievakuasi,” kata Dodi kepada wartawan, Rabu (03/11/2021).

AKP Dodi mengatakan pihaknya saat ini masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Sejauh ini sebanyak 5 orang telah diperiksa oleh polisi di Polsek Pakuhaji.

“Ada 5 orang yang kita periksa, yakni manajer, supervisor, dan tiga orang pekerja yang kita periksa,” Dodi. (mst/bpro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.