SPBU TNG Dibangun di Terminal Poris, Nilainya Rp5,8 Miliar

bantenproNews – PT Tangerang Nusantara Global (TNG) akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Terminal Poris, Kota Tangerang. Badan Usaha Milik Daerah Kota Tangerang itu mengalokasikan anggaran untuk pembangunan konstruksinya mencapai Rp5,8 miliar.

Direktur PT TNG Edi Candra mengatakan, SPBU yang akan dibangun pihaknya ini nantinya menyediakan bahan bakar dari Pertamina.

“PT TNG akan menjalankan bisnis SPBU. Oleh karena itu sedang dilakukan pelelangan pengerjaan konstruksinya oleh pokja (kelompok kerja),” kata Edi kepada bantenpro.id, Selasa (16/11/2021).

Informasi dari sistem pengadaan barang dan jasa, konstruksi SPBU yang akan dibangun ini memakai standar Pertamina. Nilainya mencapai Rp5.388.000.000. Ditargetkan akhir tahun ini pengerjaannya sudah mulai dilaksanakan.

Dalam pengoperasiannya nanti, sistam pembayaran di SPBU ini menerapkan pembayaran nontunai atau chashless payment.

Pengoperasian SPBU merupakan satu dari lima program bisnis prioritas yang akan dilaksanakan oleh PT TNG. Selain SPBU, unit bisnis lainnya adalah pengelolaan sampah, perparkiran, transportasi dan distribusi beras premium.

Ke depannya, PT TNG juga bakal bergerak di pelayanan jasa keuangan melalui Bank Perkreditan Rakyat. Namun menurut Edi, pelayanan di bidang jasa keuangan itu harus memenuhi segala persyaratan dan tahapan yang panjang.

“Kita sudah coba di tahun-tahun sebelumnya juga, mempelajari bagaimana melaksanakan bisnis tersebut, salah satunya harus ada izin dari Otoritas Jasa Keuangan, terus permodalannya juga minimal Rp50 miliar,” paparnya.

Baca Juga :  Rp200 Juta untuk Penataan Ulang Kawasan Pasar Lama

Edi mengatakan, bisnis jasa keuangan itu bukanlah program prioritas PT TNG dalam waktu dekat ini. Saat ini  PT TNG berfokus mengembangkan bisnis yang sudah lebih dulu diprioritaskan.

PT TNG dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016. Selain berasal dari modal penyertaan Pemerintah Kota Tangerang, PT TNG juga mendapat tambahan modal dari Koperasi Pegawai Pemkot Tangerang senilai total Rp250 juta. Nilai investasi yang dimiliki perusahaan daerah itu hingga 31 Desember 2020 tercatat sebesar Rp41,3 miliar. (mst/bpro)

Writer: Sultan Tanjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *