Ayah Ibunya Cerai, Pemuda Terpasung di Gubuk

bantenpro.id – Seorang pemuda warga Desa Sukaasih, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, terpasung di sebuah gubuk bambu.

Dari video yang beredar, gubuk kecil yang dihuni pria itu terletak di sebuah lahan kosong dengan hanya dilapisi oleh spanduk dan tanpa alat penerangan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan mengatakan, pemuda tersebut diduga mengalami gangguan jiwa. Penyakit gangguan mental yang diidap pria berusia sekitar 20 tahun itu dipicu oleh perceraian orang tuanya.

“Kurang perhatian dari keluarganya sehingga sering mengonsumsi obat-obatan dan akhirnya mengalami gangguan jiwa,” kata Aziz, Kamis (18/08/2022).

Saat ini, orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ itu sedang dicek kondisi kesehatannya oleh Puskesmas setempat. Setelah itu, pria tersebut rencananya akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grogol, Jakarta Barat.

Aziz mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan keluarga pria tersebut. Pihak keluarga setuju anggota keluarganya yang sempat terpasung itu direhabilitasi ke RSJ Grogol.

“Nanti kalau sudah selesai perkembangannya (proses rehabilitasi), keluarganya kami lakukan pendekatan, tetap kita berikan penyadaran semacam edukasi ke keluarganya,” jelas Aziz.

Lebih lanjut, Aziz belum mengetahui persis sudah berapa lama ODGJ itu terpasung di gubuk bambu. Dia hanya mengatakan pihaknya baru mendengar kabar ini beberapa hari lalu.

“Yang pasti baru beberapa hari saja di tempatkan di situ,” tandasnya. (mst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.