Seleksi PPPK Tanpa Tes, Honorer ini Dapat Prioritas

bantenpro.id – Kabar gembira bagi guru honorer. Mereka dapat mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022 tanpa ikut tes.

Berdasarkan kebijakan pemerintah yang dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Nomor 20 Tahun 2022, terdapat kategori guru yang tidak perlu ikut tes dan yang harus ikut tes.

Pada Permen PANRB Nomor 20 Tahun 2022 paragraf 5 pasal 32 yang berisi pembahasan mengenai hasil seleksi, disebutkan bahwa pelamar guru yang tidak perlu lagi mengikuti tes PPPK Guru 2022 terdiri atas:

  • Pelamar prioritas I yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK Guru tahun 2021 baik pada tahap 1 ataupun tahap 2.
  • Pelamar prioritas II yaitu guru honorer yang termasuk ke dalam kategori THK II yang belum lulus passing grade ataupun belum pernah ikut seleksi PPPK Guru.
  • Pelamar prioritas III yaitu guru honorer yang telah mengajar lebih dari 3 tahun sesuai dengan data yang tercantum pada dapodik.

Guru honorer yang termasuk pada kategori pelamar proritas I tidak perlu tes lagi. Kemudian pelamar prioritas II yaitu guru honorer yang termasuk ke dalam kategori THK II yang belum lulus passing grade ataupun belum pernah ikut seleksi PPPK Guru. Akan tetapi jika terdapat guru honorer dengan kategori THK II yang pernah ikut seleksi dan lulus passing grade, maka akan termasuk ke dalam pelamar prioritas I.

Baca Juga :  Dipecat Camat setelah Foto Pakai Kaus WH Viral, Bagaimana Perlindungan Hukum THL?

Lalu bagaimana seleksi pada peserta dengan pelamar prioritas II ini?

Sebagaimana ayat (4) pada pasal 32 tersebut diterangkan bahwa untuk ketentuan seleksinya yaitu dengan pemeriksaan verifikasi:

  1. Kualifikasi akademik
  2. Kompetensi
  3. Kinerja dan
  4. Pemeriksaan latar belakang (background check)

Kemudian sebagaimana ayat (4) pada pasal 32, guru honorer dengan pelamar prioritas III, juga memiliki ketentuan seleksi yang sama yaitu cukup dengan pemeriksaaan verifikasi:

  1. Kualifikasi akademik
  2. Kompetensi
  3. Kinerja dan
  4. Pemeriksaan latar belakang (background check)

(bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *