Daftar Online di Website Sekolah, PPDB SMA Dibuka 13 Juni 2022

bantenpro.id – Pemerintah Provinsi Banten memutuskan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA negeri akan dilaksanakan berbasis online di website sekolah masing-masing. PPDB dijadwalkan dibuka 13 Juni 2022.

Seperti diberitakan detikcom, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, siswa bisa langsung mengakses website sekolah untuk mendaftar atau bisa juga didaftarkan operator di sekolah.

“Kalau ada yang ingin langsung ke sekolah didaftarkan ke sekolah, online, bisa juga begitu,” kata Muktabar di SMAN 1 Ciruas Serang, Jumat (20/05/2022).

Menurut Muktabar, Pemprov Banten sudah memanggil seluruh kepala sekolah untuk sosialisasi. Tanggung jawab administratif ada di masing-masing sekolah dengan website dan server yang sudah memadai.

Jika terjadi masalah jaringan internet seperti sering terjadi di Lebak dan Pandeglang, maka tahapan manual dengan datang langsung bisa ditempuh. Nanti siswa akan mendaftar dengan dibantu pihak sekolah.

“Persiapan web sekolah sudah 100 persen, sekolah sudah punya web, bahkan 2019 itu pada dasarnya sudah punya semua, itu (web) suatu keharusan dan itu dibiayai,” jelasnya.

PPDB online berbasis sekolah yang diterapkan di Banten masih menerapkan sistem zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi. Semua aturan ini dibuat berdasarkan instruksi kementerian.

Untuk jadwal pendaftaran PPDB Banten 2022, Pemprov Banten memperkirakan hal itu akan dilakukan pada 13 Juni. Tapi, untuk teknis mulai dari persiapan web, server, dan tata cara mendaftar bagi calon siswa masih disosialisasikan dengan seluruh kepala sekolah SMAN di Banten.

Baca Juga :  Besok Dibuka Jalur Afirmasi PPDB SMA, Pemalsu Data Kemiskinan Terancam Dipidana

“Sedangkan untuk SMK dan SKH nanti ada format tersendiri,” ujarnya.

Muktabar menyebut, di depan seluruh kepala SMAN se-Banten ia sudah meminta PPDB Banten 2022 tidak seperti PPDB tahun sebelumnya yang banyak kendala. Jika ada masalah di aplikasi online PPDB, maka akan langsung dikontrol olehnya.

“Jika ada trouble itu tanggung jawab bersama. Nanti saya keliling jika ada hal yang mesti diselesaikan,” jelasnya. (bpro)

Writer: detikcom