oleh

Belum Ada Permintaan Evakuasi, Pejalan Kaki Naik Truk Damkar Seberangi Banjir

bantenpro.id – Imbas hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang, mengakibatkan lima RW di Kecamatan Periuk tergenang banjir, Rabu (11/05/2022). Ketinggian air berkisar mulai 30 cm hingga 50 cm. Meski demikian, belum ada warga yang dievakuasi.

Banjir menggenangi wilayah Kelurahan Sangiang Jaya di RW 8, RW 9 dan RW 10, serta di Kelurahan Gebang Raya yang terjadi di RW 22 dan RW 25. Warga yang terdampak di lima RW tersebut sekitar 500 rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyatakan sejauh ini belum ada permintaan evakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Periuk.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kecamatan Periuk Syahrial menuturkan, ketinggian air banjir di wilayahnya mencapai 30 sampai 50 cm. Ia mengklaim, kondisi tersebut masih tergolong aman.

“Sampai saat ini belum ada permintaan evakuasi,” kata Syahrial kepada bantenpro.id di lokasi banjir, Rabu (11/05/2022).

Menurut dia, ketinggian air di sejumlah titik banjir di wilayah Kecamatan Periuk sudah mengalami penyusutan sebanyak 10 cm. Penyusutan itu terjadi karena lima pintu air di Sungai Cirarab saat ini telah ditutup. Sehingga pompa air yang berada di Kali Ledug dapat berfungsi dengan normal untuk membuang air dari kali ke Sungai Cirarab.

“Kalau pintunya dibuka, air dari Sungai Cirarab berbalik ke Kali Ledug yang dapat menimbulkan penumpukan air bahkan membanjiri permukiman warga,” jelasnya.

Baca Juga :  11 Jam Terendam, Jalan Raya di Periuk Kini Sudah Dapat Dilintasi

Saat ini, akses jalan dari arah Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang menuju Jalan Raya Regency masih terputus.

Syahrial menuturkan ada jalur alternatif yang dapat dilintasi pengendara untuk menuju Kota Tangerang. Salah satunya yaitu melewati Jalan Gatot Subroto melalui Jalan Prabu Siliwangi.

“Kemudian bisa juga lewat Jalan Raya Mauk, lalu melintas di Jalan Mohamad Toha,” paparnya.

Di sisi lain, kata Syahrial, pihaknya juga membantu pejalan kaki untuk menyeberangi akses jalan yang terputus tersebut menggunakan truk.

Pantauan di lokasi, sejumlah pengendara yang nekat menerobos genangan di Jalan Raya Regency mengalami mogok kendaraan. Sebagian pengendara lainnya memilih untuk mencari jalan lain.

Sedangkan pengguna jalan kaki, menumpang menyeberangi banjir dengan naik truk pemadam kebakaran dan Satpol PP. Sejumlah petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang juga sibuk membersihkan sampah di Kali Ledug. (mst/bpro)