Budidaya Ikan Lele Warga Perumahan, Sekali Panen Dapat 50 Kg

bantenpro.id – Ketahanan pangan kian diperhatikan warga kompleks perumahan di Kota Tangerang. Warga Perumahan Cimone Permai, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, mengembangkan budidaya ikan lele. Mereka membentuk Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele (Kutil) Cimone.

Aktivitas budi daya tersebut dilakukan sejak 2020. Sejak saat itu, Kutil sudah berhasil memanen lele sebanyak 9 kali. Sekali panen, mereka bisa menghasilkan sedikitnya 50 kilogram (kg) ikan lele.

Ketua Kutil Cimone Anthony mengungkapkan sampai saat ini Kutil Cimone sudah berhasil panen mencapai 700 kilogram.

“Hasil panen hari ini kami distribusikan secara gratis ke warga sekitar, atau mereka yang membutuhkan. Namun, ada beberapa kilo yang sudah diorder jadi kami jual yang hasilnya kami putar kembali untuk proses pembibitan ulang hingga pangan lele,” ungkap Anthony dalam keterangan tertulis, Senin (04/04/2022).

Ia pun menjelaskan, Kutil Cimone tak melulu proses panen saja yang dilakoni. Hingga saat ini sudah ada lima kelurahan yang menjadi binaan Kutil Cimone. Mulai dari Kelurahan Tajur, Pedurenan, Belendung, Sukaasih dan Kelurahan Cimone Jaya.

“Sekitar 4.000 bibit lele sudah kami bagikan secara gratis ke mereka, untuk mereka kembangkan lebih lanjut. Tak hanya memberikan bibit gratis, namun Kutil Cimone berusaha melakukan pembinaan secara berkala, komunikasi secara intens sehingga pembagian bibit tak sekadar seremonial semata. Namun, benar-benar ada hasilnya dalam jangka panjang dan dirasakan oleh mereka warga sekitar,” papar Anthony.

Baca Juga :  BLT BBM Cair, Pemkot-Bulog Tangerang Gelar Pasar Murah

Ia menuturkan, Kutil Cimone terbuka untuk umum bagi masyarakat mana pun yang ingin belajar terkait pembibitan atau peternakan ikan lele.

“Kami hadir dari bantuan Pemkot Tangerang, kami pun ingin bisa membantu lainnya. Kita sama-sama belajar yang penting konsisten dan telaten,” katanya.

Lurah Cimone Ade Fitri Akbar berharap Kutil Cimone dapat terus berkembang untuk kemajuan dan kesejahteraan warga Kota Tangerang khususnya wilayah Cimone. Bisa jadi, Kutil Cimone sebagai pusat pemesanan ikan lele dari seluruh pedagang pecel lele di Jabodetabek.

“Tapi apa saja, baik itu mereka pedagang pecel lele, atau mereka yang sekadar mencari bibit ikan lele itu harus ke Kutil Cimone. Kutil Cimone harus bisa menjadi tempat budidaya ikan lele dengan paket lengkap. Budidaya jalan, edukasi jalan, sosialnya ada, bisnisnya pun jalan. Sehingga menjadi panutan yang lengkap,” harapnya. (bpro)