Gubernur Banten Bertemu Surya Paloh, Demokrat Bantah WH Pindah ke Nasdem

bantenproNews – Menjelang akhir masa jabatan, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Beredar kabar pertemuan itu membahas kepindahan WH ke Partai NasDem. Apa iya?

Wahidin Halim merupakan kader Partai Demokrat. Dia masuk dalam jajaran Majelis Pimpinan Daerah (MPD) DPD Demokrat Banten. Namun kabar pindahnya WH ke NasDem dibantah DPD Demokrat Banten.

“Cuma silaturahim kan, sama seperti saya Ketua Partai Demokrat diundang misalkan ke partai lain atau saya yang mengajukan ke partai lain itu sah-sah saja, selama itu kita menjalin komunikasi untuk kepentingan Banten bersama,” kata Ketua DPD Demokrat Banten Iti Oktavia Jayabaya, dikutip dari detikcom, Minggu (13/03/2022).

Iti mengatakan segala kemungkinan bisa terjadi menjelang Pemilihan Gubernur Banten 2024, termasuk koalisi NasDem-Demokrat.

“Ya, tidak menutup kemungkinan Pak WH kan sebagai MPD (Majelis Pimpinan Daerah) kami mungkin Partai NasDem bisa berkoalisi dengan kita tahun 2024, kita kan nggak tahu itu,” ujarnya.

Disinggung soal isu pindahnya WH ke NasDem, Iti berkaca pada pernyataan WH pada pelantikan pengurus DPD Demokrat Banten. WH, kata Iti, mengatakan dirinya merupakan kader utama Demokrat.

“Jadi yang tersirat belum tentu tersurat, kalau komunikasi tidak karena itu hak pribadi, tapi kan temen-temen bisa melihat ketika pelantikan kemarin Pak WH sudah menyampaikan bahwa saya ini kader utama Partai Demokrat, saya masih Demokrat, itu yang kita pegang, selama belum ada pernyataan Pak WH menyampaikan bahwa dia keluar dari Partai Demokrat, ya dia masih keluarga besar Partai Demokrat,” kata dia.

Baca Juga :  Antara Airin, Wahidin dan Rano

“Kita kan nggak tahu hati seseorang. Kalau kami memegang prinsipnya seperti kemarin pelantikan kan belum sebulan beliau bilang masih keluarga Partai Demokrat dan saya masih tetap kader Partai Demokrat,” lanjutnya.

Demokrat tak mau mengira-ngira soal isu pindah partai ke Wahidin Halim. Demokrat juga menyebut tak ada pelanggaran etika partai terkait pertemuan WH dengan Surya Paloh.

“Nggak ada pelanggaran etika, namanya silaturahim. Kita nganggepnya positif, kita kan harus menjalin komunikasi dengan berbagai elemen, misi kita kan sama terkait bagaimana membangun Banten ini,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Banten Edi Ariadi, yang ikut dalam pertemuan tersebut, tak memberikan pernyataan banyak soal isu WH pindah ke NasDem.

“Tanya langsung ke WH, ya,” katanya. (bpro)