Dibuka Lowongan Direksi dan Komisaris BUMD, Buruan Daftar!

bantenproNews – Panitia seleksi terbuka Pemerintah Provinsi Banten membuka pendaftaran untuk lima jabatan penting di PT Banten Global Development (BGD). Kelima posisi itu adalah tiga jabatan direktur dan dua komisaris.

Seleksi terbuka dilaksanakan menyusul akan segera berakhirnya masa jabatan direksi dan komisaris di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini pada April 2022 mendatang.

Ketiga posisi direksi itu antara lain direktur utama, direktur operasional dan direktur keuangan.

Seleksi dibuka mulai 7 Maret 2022 sampai 21 Maret 2022. Pengumuman seleksi tersebut, berdasarkan surat Nomor: 001/Pansel/Komdir-BUMD/III/2022.

Adapun persyaratan untuk mengikuti seleksi ini antara lain:

Persyaratan Umum

Komisaris

  1. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah atau rumah sakit rujukan);
  2. Memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan;
  3. Memahami penyelenggaraan pemerintah daerah;
  4. Memahami manajemen perusahaan yang berkaitan dengan salah satu fungsi manajemen;
  5. Berijazah paling rendah S1 (strata satu);
  6. Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat mendaftar pertama kali;
  7. Tidak pernah dinyatakan pailit;
  8. Tidak pernah menjadi anggota direksi, anggota dewan pengawas, atau anggota komisaris yang dinyatakan bersalah atau menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit;
  9. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah;
  10. Tidak sedang mejalani sanksi pidana; dan
  11. Tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif.
Baca Juga :  Besok KPU Buka Lowongan untuk PPK, Honor Anggota Rp2,3 Juta

Direksi

  1. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah atau rumah sakit rujukan);
  2. Memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan;
  3. Memahami penyelenggaraan pemerintah daerah;
  4. Memahami manajemen perusahaan;
    Memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha perusahaan;
  5. Berijazah paling rendah S1 (strata satu);
  6. Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim;
  7. Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun dan paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun pada saat mendaftar pertama kali;
  8. Tidak pernah menjadi anggota direksi, anggota dewan pengawas, atau anggota komisaris yang dinyatakan bersalah atau menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit;
  9. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah;
  10. Tidak sedang mejalani sanksi pidana; dan
  11. Tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif.

Persyaratan Khusus

Direksi

  1. Memiliki pengalaman jabatan/kerja di bidang aneka usaha (bidang energi, kepelabuhan, properti, perhotelan, farmasi, perindustrian, perdagangan, manajemen air minum) yang berkaitan dengan perusahaan secara kumulatif sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun.

Komisaris

  1. Memiliki pengalaman jabatan/kerja di bidang yang berkaitan dengan pengembangan dan pengawasan perusahaan aneka usaha (bidang energi, kepelabuhan, properti, perhotelan, farmasi, perindustrian, perdagangan, manajemen air minum) secara kumulatif sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun.
Baca Juga :  Dirut Pasar Minta Maaf ke Bupati Usai Video Pamer Gepokan Uang Viral

Jika persyaratan tersebut telah dimiliki, berikut adalah tata cara pendaftaran dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan:

Tata Cara Pendaftaran dan Kelengkapan Dokumen

  • Pengumuman seleksi dimulai tanggal 07 s.d 21 Maret 2022 melalui website Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten di https://biroekbang.bantenprov.go.id
  • Dokumen persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:
  1. Surat lamaran bermaterai Rp10.000,- (sesuai format yang telah ditentukan);
  2. Fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir;
  3. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar;
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    Daftar riwayat hidup (sesuai format yang telah ditentukan);
  5. Surat Keterangan Catatan dari Kepolisian yang masih berlaku (SKCK);
  6. Surat Keterangan Sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit umum pemerintah;
  7. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari rumah sakit umum pemerintah;
  8. Surat pernyataan tidak tercatat dalam daftar kredit macet di sektor perbankan bermaterai Rp10.000,- (sesuai format yang telah ditentukan);
  9. Surat pernyataan tidak pernah dihukum karena tindak pidana kejahatan bermaterai Rp10.000,- (sesuai format yang telah ditentukan);
  10. Surat pernyataan tidak pernah dinyatakan pailit atau dinyatakan bersalah yang mengakibatkan suatu perseroan/perusahaan dinyatakan pailit berdasarkan keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap bermaterai Rp10.000,- (sesuai format yang telah ditentukan);
  11. Surat pernyataan tidak merangkap jabatan sebagai komisaris pada lebih dari 3 (tiga) di badan usaha lain bermaterai Rp10.000,- (sesuai format yang telah ditentukan);
  12. Surat pernyataan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif bermaterai Rp10.000,- (sesuai format yang telah ditentukan).
  13. Surat lamaran beserta lampiran dokumen persyaratan disampaikan secara online kepada Panitia Seleksi Calon Komisaris dan Calon Direksi PT Banten Global Development (PT BGD) dalam bentuk softcopy (format “.pdf”) melalui link https://biroekbang.bantenprov.go.id.
Baca Juga :  Pemerintah Buka Lowongan Pendamping Desa, Banten Dapat Kuota 9 Orang

(bpro)