Ombudsman Minta Disdukcapil Tangerang Benahi Layanan, Warga yang Dirugikan Disarankan Melapor

bantenproNews – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Banten meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang membenahi kerja pegawainya. Hal ini menyusul banjir keluhan yang disampaikan pengguna media sosial di akun Instagram Disdukcapil. Warga yang merasa dirugikan atas kerja pegawai Disdukcapil Kabupaten Tangerang pun disarankan melapor.

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Banten Zainal Muttaqin mengatakan, sebagai instansi pelayan publik, Disdukcapil Kabupaten Tangerang hendaknya mematuhi prinsip-prinsip dan standar pelayanan publik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Disdukcapil Kabupaten Tangerang dan jajaran perlu segera merespons hal tersebut dengan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menginventarisir masalah, membenahi layanan, dan menyelesaikannya,” kata dia Zainal kepada bantenpro.id, Minggu (13/02/2022).

Zainal juga menyarankan warga untuk segera melaporkan hal yang dialaminya itu kepada pihaknya untuk ditindaklanjuti. Sebab, layanan kependudukan termasuk layanan mendasar yang harus diberikan kepada masyarakat.

“Jika masyarakat tidak memperoleh tanggapan, tindak lanjut, atau penyelesaian dari Disdukcapil sesuai ketentuan, silakan menyampaikan laporan kepada Ombudsman Banten,” tegasnya.

Baca Juga :  Akun Instagram Disdukcapil Tangerang Banjir Keluhan

Sebelumnya diberitakan, akun Instagram Disdukcapil Kabupaten Tangerang @disdukcapil_kab_tangerang dibanjiri keluhan dan komentar dalam beberapa pekan terakhir. Seorang warganet pemilik akun @orchidtata misalnya, mengeluhkan lambannya pelayanan Disdukcapil Kabupaten Tangerang yang mengurus perubahan alamat pada kartu keluarga (KK).

“Pak KK pindah datang udh 1,5 tahun ga jadi2 gmn iniih? nyesel beli rumah d sini rasanya,” tulis pemilik akun @orchidtata yang diposting Jumat (11/02/2022).

Pengguna media sosial lainnya bahkan membandingkan pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Tangerang dengan di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

“TOLONG DEH URUSAN ADMINISTRASI JANGAN DIBIKIN LAMBAT. DIKIRA KITA BIKIN BUAT MAIN MAIN??! MAU DIPAKE PAK..BU..YA AMPUUUNN SEABAD BIKIN KK GA JADI JADI. HERAAAAANNNN!!!!! BEDA BANGET PELAYANANNYA SAMA TANGKOT & TANGSEL,” tulis pemilik akun @fathiyarizky.

“ISINYA KOMPLENAN SEMUA , INI BUKTI BAHWA KINERJA KALIAN TIDAK BAIK,” tulis pemilik akun lainnya @mas_idan.

(mst/bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *