Gerak Cepat Blue Helmet, Kirim Relawan dan Bantuan ke Pandeglang

bantenproNews –  Musibah gempa bumi yang merusak 1.699 bangunan di Kabupaten Pandeglang mengundang empati dari beragam kalangan. Tidak terkecuali partai politik.

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia juga mengirimkan bantuan dan relawan ke lokasi terdampak gempa. Relawan yang diterjunkan adalah personel Blue Helmet, organ taktis milik partai berlogo ombak bergelombang merah putih dan biru itu.

Bantuan yang dikirimkan berupa bahan makanan untuk warga yang rumahnya hancur digoyang gempa. Relawan menyalurkan bantuan berupa beras, minyak goreng, gula dan komoditas pokok lainnya.

“Bantuan yang dikirimkan berasal dari Blue Helmet Pusat dan hasil penggalangan dana yang sebelumnya dilakukan. Penyaluran bantuan bakal dilakukan secara bertahap,” kata Ketua Koordinator Wilayah Blue Helmet Banten Heris Mochamad Heriawan kepada bantenpro.id, Minggu (16/01/2022).

Heris mengatakan, timnya mengunjungi warga terdampak gempa di Desa Sigamukti Kecamatan Sukaresmi dan Desa Panimbang Jaya Kecamatan Panimbang.

“Nanti kami adakan lagi, masih berlanjut proses penyaluran,” kata Heris.

Dia menegaskan, bantuan yang diberikan Blue Helmet tidak disertai embel-embel politik. Bantuan yang diserahkan murni untuk rasa kemanusiaan.

“Semoga bantuan yang kita salurkan itu bermanfaat bagi mereka yang terdampak gempa bumi kemarin,” jelasnya

Blue Helmet merupakan sayap Bidang Pelayanan Masyarakat Partai Gelora. Di Provinsi Banten, Blue Helmet terbentuk pada 3 Oktober 2021. Blue Helmet fokus pada kegiatan sosial, termasuk pada momen bantuan penanggulangan bencana.

Baca Juga :  Pandeglang Tanggap Bencana; 3 Kali Gempa, 738 Bangunan Rusak

Menurut Heris, Blue Helmet Banten kini telah memiliki personel sebanyak 40 relawan tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, dan Kabupaten Pandeglang. Di usianya yang terbilang dini, Blue Helmet Banten juga sedang membentuk tim medis.

“Kebetulan kami baru bentuk di Tangerang Raya, Pandeglang, Serang. Selanjutnya akan dibentuk di Cilegon dan Lebak,” kata Heris.

Blue Helmet juga menyiapkan program pelatihan tanggap bencana kepada relawannya. Hal ini penting dilakukan agar relawan siap sedia dan siaga dalam membantu penanggulangan bencana.

“Salah satu target kami itu melakukan pelatihan untuk memberi pengetahuan penanganan kebencanaan kepada relawan kami. Itu (pelatihan) harus kita lakukan karena jangan sampai niat kita menolong orang, tapi malah jadi kita yang minta tolong,” paparnya.

Blue Helmet Tangerang Raya Dikukuhkan

Blue Helmet wilayah Tangerang Raya yang telah terbentuk, hari ini dikukuhkan di Sekretariat DPW Partai Gelora Provinsi Banten. Febriardi dikukuhkan sebagai Ketua Blue Helmet Tangerang Raya bersama wakilnya, Febri Hardiansah serta 10 anggotanya.

Heris mengatakan, dia berharap Blue Helmet Tangerang Raya bisa solid dan mengembangkan jiwa sosialnya untuk membantu masyarakat.

“Semoga ke depannya Blue Helmet Tangerang Raya bisa solid, bisa jalan dan maju bersama,” kata Heris.

Blue Helmet Tangerang Raya juga menyiapkan kegiatan penggalangan dana untuk bantuan korban terdampak gempa.

Baca Juga :  Pemerintah Segera Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Pandeglang

Ketua Blue Helmet Tangerang Raya Febriardi mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti, kegiatan penggalangan dana dan penyaluran bantuan tidak dilabeli embel-embel partai politik. Kegiatan tersebut murni kegiatan sosial.

“Meski kita di bawahi Partai Gelora, kita tidak akan membawa kepentingan partai dalam aksi sosial kami,” ujarnya. (mst/bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *