Warga Tangerang Terdampak Gempa, Kiriman Logistik Mulai Mengalir

bantenproNews – Gempa yang berpusat di laut Barat Daya Sumur, Pandeglang, juga merobohkan tiga rumah warga Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Abdul Munir menuturkan, dua di antaranya berada di Kecamatan Sukadiri.

“Kemudian satu rumah lagi ada di Kampung Jawaringana, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang dengan nama pemilik Nurtan,” kata Munir kepada bantenpro.id, Minggu (16/01/2022).

Nurtan kini kehilangan tempat tinggalnya. Dia bersama istri dan tujuh anaknya terpaksa mengungsi di rumah kerabat. Rumah Nurtan rusak total akibat digoyang gempa pada Jumat kemarin.

“Menurut analisa di tempat kejadian, sebelumnya pun kondisi rumah sudah tidak layak,” jelas dia.

Kata Munir, tidak ada korban jiwa atas peristiwa gempa kemarin.

Informasi yang dihimpun bantenpro.id, Kementerian Sosial mulai menyalurkan bantuan untuk korban gempa di wilayah Kabupaten Pandeglang. Bantuan dari Kemensos dikirim dari Gudang Bekasi bergerak ke lokasi terdampak di Pandeglang.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin mengunjungi lokasi bencana untuk memastikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Rincian barang logistik untuk Pandeglang berupa makanan siap saji sebanyak 1.200 paket, air minum kemasan 100 dus, selimut sebanyak 200 lembar, tenda gulung 300 lembar, kasur 200 lembar, tenda 6 unit, matras 200 lembar, popok bayi 200 paket, pembalut wanita 300 pak, tenda keluarga 50 unit, dan genset.

Baca Juga :  Pemerintah Segera Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Pandeglang

Selain itu, Kemensos melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah bekerja bersama-sama unsur penanganan bencana lainnya menangani dampak bencana.

Tagana melakukan pendataan, mengevakuasi warga dari tempat kurang aman ke lokasi aman, menyiapkan lokasi penampungan sementara untuk kelompok rentan, seperti lanjut usia, anak-anak, penyandang disabilitas dan mendistribusikan bantuan logisitik.

Seperti diketahui, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB. BMKG merilis pusat gempa berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 40 kilometer. (mst/bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *