Vaksin Penguat Gratis, Warga Lansia Menjadi Prioritas

bantenproNews – Vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau booster kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas digelar di Kota Tangerang. Penyuntikan vaksin penguat hari pertama dilakukan di Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Rabu (12/01/2022).

“Hari ini kita mulai laksanakan vaksinasi booster, tapi untuk awal kami prioritaskan untuk masyarakat yang berusia di atas 60 tahun atau lansia. Syarat rentang waktu dosis kedua sudah melewati enam bulan ke atas,” kata Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Panunggangan Barat.

Saat ini Pemerintah Kota Tangerang baru memiliki stok vaksin yang tersedia sebanyak 506 vial, atau hanya bisa digunakan menyuntik 6.000 orang vaksinasi booster.

“Maka itu kami prioritaskan untuk lansia terlebih dahulu, kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk suplai vaksinnya, kami memang akan lakukan percepatan jadi untuk masyarakat yang lain nanti akan kami undang saat ini sedang kami persiapkan gerai-gerainya,” jelas Arief.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan, masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua menggunakan jenis vaksin Sinovac, maka menggunakan jenis lainnya yakni Pfizer atau Astrazeneca untuk vaksin penguatnya.

“Apabila vaksin pertama dan keduanya Astrazeneca, untuk boosernya menggunakan Moderna, untuk itu kami harus mengecek data Pcarenya terlebih dahulu,” ujar Dini dalam siaran pers.

Pemerintah Kota Tangerang memastikan vaksinasi booster untuk Covid-19 ini diberikan ke seluruh masyarakat secara gratis. Menurut Dini Anggraeni, pemberian vaksin booster ini ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengingat virus corona mudah sekali bermutasi.

Baca Juga :  Tanpa Syarat Vaksinasi, Pemudik Bebas Naik Bus di Terminal Poris

“Sama-sama kita ketahui, sebelumnya ada dua skema untuk program vaksinasi booster yaitu gratis dan berbayar. Alhamdulillah Presiden Jokowi menyatakan vaksinasi booster mulai digelar dengan gratis. Maka, Pemkot Tangerang sesuai arahan tersebut, masyarakat Kota Tangerang akan mendapat vaksinasi booster secara bertahap dan gratis,” kata Dini.

Syarat Mendapat Vaksin Booster Gratis
  • Prioritas bagi usia 60 tahun ke atas
  • Priositas untuk kelompok rentan
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Sudah divaksinasi dosis lengkap, dengan interval waktu enam bulan dari dosis kedua

Daerah yang sudah bisa menggelar vaksinasi booster adalah yang sudah memenuhi 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Pada 11 Januari 2022, Kota Tangerang telah tercapai sebanyak 1.548.019 jiwa atau 104,6 persen pada dosis satu dan 1.080.714 jiwa atau 73,1 persen pada dosis dua.

Jenis Vaksin yang Digunakan untuk Booster
  • Dosis 1 Sinovac + dosis 2 Sinovac maka boosternya Pfizer atau Astrazeneca
  • Dosis 1 Astrazeneca + dosis 2 Astrazeneca maka boosternya Moderna

Pemerintah Kota Tangerang memiliki stok vaksin 506 vial Pfizer, yang dapat digunakan sebagai dosis dua dan booster. Sebanyak 506 vial dapat digunakan untuk 3.036 sasaran untuk dosis dua atau 6.072 sasaran untuk booster.

Menurut Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization Sri Rezeki Hadinegoro, vaksin penguat diperlukan karena riset menunjukkan penurunan imunitas setelah 6 bulan vaksinasi kedua. Lansia diutamakan karena angka kematian akibat Covid-19 kelompok ini hampir 50 persen. (bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.