oleh

Air Waduk Karian Bakal Mengalir untuk Warga Kota Tangerang

bantenproNews – Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan lahan seluas empat hektare untuk digunakan sebagai penampung air bersih dari Waduk Karian di Kabupaten Lebak. Nantinya, air bersih dari Waduk Karian bakal disalurkan untuk kebutuhan air bersih warga Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, lahan seluas empat hektare untuk penyaluran air bersih Waduk Karian itu terletak di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang.

“Kita punya lahan empat hektare di Alam Sutera di pinggir tol, kan memang nanti lewat sana,” ucap Arief kepada bantenpro.id, Selasa (28/12/2021).

Arief menyebut, proses pembangunan jaringan pipa Waduk Karian itu bakal dikerjakan pada 2024 nanti. Pemkot Tangerang juga akan menyiapkan anggaran mencapai Rp900 miliar untuk membangun jaringan pipa tersebut.

“Dia (Waduk Karian) kan cuma jual air bersih ya, jadi kita harus siapkan jaringan juga, jaringan pipa induk dan jaringan pipa yang ke rumah-rumah dan itu cukup besar. Biayanya kemarin dihitung hampir 900 miliar,” ujar Arief.

Nantinya, air bersih dari Waduk Karian itu akan mencukupi kebutuhan air bersih bagi 40 ribu warga Kota Tangerang. Perusahan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Benteng selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Tangerang yang bakal mengelola air bersih itu.

“Itu kalo enggak salah cuma 750 liter per detik, jadi kurang lebih kisaran 30 ribu sambungan sampai 40 ribu,” ucapnya. (mst/bpro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.