oleh

Petugas Damkar Tangkap Ular 4 Meter

bantenproNews – Petugas pemadam kebakaran (damkar) tidak hanya berjibaku menjinakkan kobaran api ketika terjadi kebakaran. Mereka juga bersedia berhadapan dengan hewan berbahaya seperti ular liar. Para petugas damkar juga kerap dihubungi masyarakat untuk menangkap binatang melata tersebut.

Minggu malam (26/12/2021), petugas damkar menangkap ular sanca yang masuk kandang peternak bebek di RT 007 RW 008, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Petugas damkar dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Periuk menerima laporan pada pukul 20.30 WIB. Lima menit kemudian lima personel damkar sudah tiba di lokasi.

Dengan tongkat penjepit, petugas langsung menangkap ular sepanjang empat meter yang bersembunyi di sela-sela kandang bebek. Hanya dalam waktu 15 menit, ular liar tersebut bisa diamankan.

Saat ditangkap, ular sedang berusaha menelan seekor bebek di mulutnya. Petugas kemudian mengeluarkan bebek tersebut dan kemudian membungkus mulut ular menggunakan isolatif.

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Korban Kecamatan Periuk Syahrial mengatakan, evakuasi ular sanca tersebut cukup sulit karena bersembunyi di sela-sela kandang dan dalam kondisi gelap.

“Personel sudah dibekali kemampuan menangkap ular, jadi cukup terlatih saat menjinakkan ular liar,” kata Syahrial kepada bantenpro.id, Senin (27/12/2021).

Menurut Syahrial, kandang bebek milik Jasman ini bukan kali pertama dimasuki ular sanca. Beberapa waktu sebelumnya, ular sanca juga pernah masuk ke kandang yang sama dan berhasil ditangkap petugas damkar. Ular yang berhasil ditangkap kemudian diserahkan kepada komunitas pecinta satwa.

Baca Juga :  Polisi Selidiki Kematian Farhan yang Tewas Tertimpa Dahan Pohon

Pemilik kandang, Jasman, berterima kasih kepada petugas damkar dari UPT Periuk. Keberadaan ular sanca liar tersebut memang sangat meresahkan dirinya. Beruntung laporannya cepat ditindaklanjuti. (mst/bpro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.