Pengamanan Jebol sampai Ruang Kerja Gubernur, Jabatan Kepala Saptol PP Dicopot

bantenproNews – Aksi buruh di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten kemarin berhasil menjebol lapisan penjagaan. Buruh bahkan sampai masuk ke ruang kerja Gubernur Banten Wahidin Halim dan duduk-duduk di kursinya.

Imbas peristiwa itu, jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Banten Agus Supriyadi dicopot.

Keputusan pembebastugasan ini berlaku mulai Kamis (23/12/2021), berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Daerah Nomor 821.2/Kep-221/BKD.

“Iya, jadi Kasatpol PP dibebastugaskan dari jabatannya sementara karena ini atas kejadian demo yang masuk ke ruang gubernur,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten Komarudin.

Keputusan itu diambil karena tugas dan fungsi Satpol PP dianggap tidak berjalan saat pengamanan unjuk rasa buruh pada Rabu (22/12/2021) kemarin. Untuk sementara pimpinan Satpol PP dijabat oleh Massaputro Delly yang menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP.

“Pengganti Plt itu sekretarisnya,” ucapnya.

Pencopotan ini dilakukan karena akan dilakukan pemeriksaan oleh BKD. Selain itu, akan ada evaluasi mengenai standar operasional prosedur menyeluruh di lingkungan Satpol PP imbas unjuk rasa buruh kemarin.

“Evaluasi lanjutan selain Satpol PP juga akan dievaluasi SOP secara menyeluruh kaitan dengan antisipasi aksi ini, soal fasilitas, soal personelnya, dan SOP-SOP yang lain akan kita evaluasi,” ujarnya.

Pada aksi buruh yang menuntut merevisi upah minimum kemarin, buruh sempat menduduki kantor Gubernur Banten Wahidin Halim. Bahkan ada yang duduk-duduk di ruang kerja gubernur sambil memparodikan jabatannya.

Baca Juga :  Wahidin Laporkan Buruh ke Polisi, Dewan Masjid: Kewibawaan Gubernur Perlu Dijaga

“Mau melihat sejauh mana keseriusan buruh untuk mendemo saya. Silakan kalau ada yang mau menggantikan saya,” ucap salah satu buruh sebagaimana video yang beredar.

Mereka juga mengambil makanan dan minuman di ruang kerja gubernur. Bahkan, seisi ruangan dipenuhi oleh buruh dari berbagai aliansi itu. (mst/bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *