Masjid Raya Al-Azhom Direnovasi, Bakal Lebih Kinclong dan Tak Bocor Lagi

bantenproNews – Masjid Raya Al-Azhom, masjid kebanggaan warga Kota Tangerang saat ini sedang dalam perbaikan. Renovasi ini meliputi lantai masjid, toilet, kubah hingga menara.

Perbaikan Masjid Raya Al-Azhom ini ditangani Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kota Tangerang. Pengerjaan renovasi dilakukan oleh perusahaan rekanan.

Kepala Bidang Pembangunan Dinas Perkim dan Pertanahan Fachri Yudi mengatakan, rehabilitasi Masjid Raya Al-Azhom sudah berjalan sejak 24 September 2021. Target penyelesaiannya rampung 31 Desember 2021.

“Menara masjid dirapikan, jadi dicat lagi, sama dak atap itu dipasang pakai yang tahan air,” kata Yudi kepada bantenpro.id, Jumat (17/12/2021).

Alokasi anggaran yang disiapkan Pemerintah Kota Tangerang sebesar Rp3,29 miliar. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Tangerang tahun 2021. Namun Pemerintah Kota Tangerang dapat berhemat lebih dari Rp750 juta, karena perusahaan rekanan sanggup merehab masjid tersebut dengan biaya Rp2,5 miliar saja.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Raya Al-Azhom Rofiqi mengatakan, sejak berdiri mulai tahun 1999 Masjid Raya Al-Azhom belum pernah direnovasi. Seiring dengan bertambahnya usia, konstruksi masjid pun mulai tak kokoh lagi.

Pengurus DKM telah mengajukan permintaan rehabilitasi masjid pada tahun lalu. DKM menitikberatkan pada perbaikan kubah masjid yang dianggap mendesak.

“Bikin proposal buat rehabilitasi kubah, kemudian diajukan ke Pemda. Kubah bocor sudah bertahun-tahun,” kata Rofiqi kepada bantenpro.id, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga :  Tambal Sulam Kubah Masjid Al Azhom Kota Tangerang

Masjid Raya Al-Azhom memiliki lima kubah berwarna biru hijau dengan arsitektur yang ikonis. Di malam hari, kubah itu tampak bercahaya. Tetapi sejak beberapa tahun terakhir, kubah itu mengalami kebocoran pada sejumlah titik. Penyangganya telah keropos dan dikhawatirkan mengganggu kenyamanan dan kekhusyukan jemaah.

“Posisi kubah itu ada penyangganya sudah keropos semua, tinggal nunggu ambruknya,” kata dia.

Informasi yang diperoleh bantenpro.id, sesuai perencanaannya menara masjid akan dibuat lebih kokoh dengan penggantian besi struktur pipa galvanis. Dinding menara juga akan dibuat rangka baru dan bagian luar dinding dilapisi plat alumunium atau Aluminium Composite Panel.

Selain perbaikan konstruksi masjid, juga akan dilakukan pengecatan ulang dinding luar dan dalam masjid. Permukaan cat yang lama semuanya akan dikerok. Tampilan masjid juga bakal lebih kinclong dengan adanya sentuhan cat murral. (mst/bpro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *