Dishub Kota Tangerang Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

bantenpro.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang menyelenggarakan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pemilihan diselenggarakan mulai 26 Januari hingga 16 Februari 2023.

Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara menyambut HUT Kota Tangerang ke-30 pada 28 Februari 2023 mendatang.

Kompetisi ini diikuti oleh kalangan pelajar jenjang SMP dan SMA di Kota Tangerang. Pelaksanaan pemilihan berpedoman pada Peraturan Menteri Perhubungan PM. 52 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan angkutan Jalan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat kecelakaan di jalan khususnya yang melibatkan usia pelajar/remaja.

“Jadi pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat Kota Tangerang itu bertujuan untuk membangun kesadaran dalam keselamatan berlalu lintas sejak dini,” kata Suhaely kepada bantenpro.id, Sabtu (28/01/2023).

Suhaely mengatakan, pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dipilih berdasarkan kreativitasnya. Kompetisi ini terbagi menjadi dua kategori.

Pertama, pembuatan karya tulis tentang keselamatan transportasi di Kota Tangerang untuk jenjang SMP dan SMA. Karya tulis yang dilombakan ini tidak menggunakan format karya tulis seperti pada umumnya. Tetapi menggunakan format powerpoint yang dipresentasikan oleh peserta di hadapan juri.

Sedangkan lomba kedua yakni pembuatan video bertemakan tentang dua ikon angkutan kota milik Kota Tangerang. Video yang dilombakan berdurasi 10 menit.

“Kategori pembuatan video kreatif dengan tema angkutan kota BRT yakni Bus Tayo, dan feeder alias angkot Si Benteng,” jelas Suhaely.

Karya yang dibuat oleh para peserta akan diseleksi oleh panitia lomba. Nantinya, dari dua lomba tersebut akan dipilih enam pemenangnya. Kategori pemenangnya adalah tiga pelajar jenjang SMP dan tiga lainnya pelajar SMA.

Suhaely mengajak para pelajar Kota Tangerang untuk dapat berpartisipasi meramaikan rangkaian HUT Kota Tangerang.

“Sekaligus menyosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas sejak dini,” ujarnya. (mst)

 

Follow berita bantenpro.id di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *